Hijrah ke Tempat yang Lebih Buruk


Dalam definisinya tentu disebut hijrah jika berpindah dari tempat yang buruk menuju ke tempat yang lebih baik, atau dari tempat yang kurang aman menuju tempat yang lebih aman. Sebagaimana kita tahu Rosululloh dan para sahabat berpindah dari Makkah ke Madinah, sebelumnya juga ada para sahabat yang diperintahkan oleh Rosululloh berhijrah dari Makkah ke Habasyah. Dalam kasus zaman sekarang bisa dicontohkan berpindah dari lingkungan kost yang orang-orangnya suka menyetel musik keras ke kost yang orang-orangnya suka menyetel murottal.

Salah satu dalil perintah hijrah adalah surat Al-Baqoroh ayat 218 “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

Antara Iman, Hijrah, dan Jihad tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Ketiganya merupakan konsekuensi saling mengikat. Iman tak terbukti tanpa hijrah dan jihad. Hijrah tak akan terjadi tanpa iman dan jihad. Jihad tak bermakna tanpa iman dan hijrah.

Semoga tulisan berikut bukan sesuatu yang salah karena muncul bukan dari kajian ilmiah atau studi literatur nan tertata. Bahwa definisi hijrah adalah berpindah dari tempat yang buruk ke tempat yang lebih baik, ternyata tidak mutlak. Berhijrah disertai iman dan jihad itu mutlak.

Hijrahnya Nabi Adam alaihissalam, Siti Hawa

Apapun alasan dan penyebabnya, nabi Adam telah berpindah (dipindahkan oleh Alloh) dari tempat yang amat baik yaitu surga ke tempat yang tidak lebih baik yaitu bumi. Nabi Adam melanggar larangan Alloh dengan memakan buah Khuldi. Akhirnya Alloh menghukum, Alloh mengamanahi nabi Adam beserta anak turunnya untuk menjadi kholifah di muka bumi.

Surga yang begitu nikmat dan mudah digantikan dengan bumi yang begitu berat dan penuh susah payah. Apakah ada yang mengatakan bahwa hijrahnya nabi Adam ini sebuah kesalahan atau kebodohan? Tentu tidak, beliau alaihissalam memenuhi perintah Alloh dengan iman, hijrah, dan jihad. Hidup di bumi tak semudah hidup di surga.

Hijrahnya Nabi Ibrahim alaihissalam, Nabi Ismail, Siti Hajar

Bayangkan Anda mengantar istri dan anak Anda ke sebuah alun-alun yang begitu terik. Anda hanya meninggali mereka sebotol air mineral dan sebungkus roti. Anda tidak mengatakan kapan akan kembali menjemput mereka. Ketika istri Anda bertanya Anda meyakinkan bahwa Alloh yang akan menjaga mereka. Itu perumpamaan yang tentunya sangat tidak imbang dengan bagaimana kondisi Siti Hajar bersama Nabi Ismail ketika diantar oleh Nabi Ibrahim ke padang gurun dekat Baitulharam. Betapa berat dan tidak idealnya tempat yang menjadi tujuan hijrah Siti Hajar dan Nabi Ismail saat itu.

Hijrahnya Nabi Musa, Nabi Harun, Bani Isroil

Nabi Musa diperintahkan oleh Alloh untuk pergi kepada Fir’aun yang telah berlebihan dan keterlaluan. Beserta Nabi Musa diutus pula Nabi Harun dan Bani Isroil. Mereka hijrah ke tempat yang berbahaya bahkan mengancam nyawa. Terbukti akhirnya mereka dikejar oleh pasukan Fir’aun hingga kita ketahui mukjizat terbelahnya laut merah. Bagai telur di ujung tanduk, sedemikian dekat mereka dengan maut namun Alloh menunjukkan kuasanya.

Lalu Bagaimana?

Pada dasarnya definisi hijrah yaitu berpindah dari tempat yang buruk ke tempat yang lebih baik, dari keburukan menuju kebaikan, dari pribadi kurang baik menuju pribadi yang lebih baik. Jika kita perhatikan ayat-ayat tentang hijrah, satu contoh surat Al-Baqoroh ayat 218, kita akan dapati bahwa hijrah bukan hanya tentang berpindah dan berubah. Ada tiga komponen yang tak terpisahkan satu sama lain: Iman, Hijrah, Jihad.

Tidak dikatakan hijrah ataupun jihad tanpa dilandasi iman. Tidak terbukti iman tanpa hijrah dan jihad. Tidak bisa dipilih, ketiganya merupakan satu rangkaian. Jadi sebenarnya perkara hijrah bukan sekedar masalah tempat atau status. Yang jauh lebih penting dari itu, iman dan jihad harus disertakan dalam hijrah. Seburuk apapun tempat yang dituju, ketika hijrah itu untuk memenuhi perintah Alloh, membuktikan iman dan melaksanakan jihad, insyaalloh itu juga hijrah.

Bumi Alloh itu Luas

Seorang karyawan diberhentikan dari pekerjaannya. Karyawan tersebut boleh jadi merasa sedih, kehilangan pekerjaan, dan sebagainya. Di sisi lain karyawan itu bisa jadi merasa senang, terbuka peluang kerja yang baru, bahkan mungkin bisa lebih baik dari tempat ia bekerja kemarin. Pesan dari pemilik perusahaan, “Bumi Alloh itu luas, rizki Alloh itu luas”.

Tak akan bisa menghalangi rizki Alloh, siapapun. Tak akan pula bisa menambah rizki Alloh, siapapun. Dimanapun, Alloh senantiasa mengurusi hambanya.

Semestinya merenungi ayat Alloh,

"Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri , (kepada mereka) malaikat bertanya : "Dalam keadaan bagaimana kamu ini ?". Mereka menjawab : "Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)". Para malaikat berkata : "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu ?". Orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali," (an-Nisaa': 97)

Berpindah dan berhijrah itu menjadi keniscayaan. Berpindah dari tempat yang buruk menuju tempat yang baik itu harus. Bahkan dari tempat yang baik tetap perlu berhijrah, hingga berhenti di tempat terbaik yaitu surga. Tidak ada kata diam, berhijrah adalah solusi. Tak ada alasan di akhirat nanti kita mengeluh kepada Alloh bahwa kita tertindas di dunia. Alloh sudah menunjukkan jalan, hanya kita menjalani atau tidak.

Perpindahan yang Baik

Ada guru yang dipindahkan oleh dinas ke tempat yang lebih jauh dengan siswa yang relatif lebih susah untuk diajar. Ada guru yang meminta dipindah dari tempat yang jauh menuju tempat yang dekat dengan rumah tinggalnya. Ada orang yang pindah ke kontrakan yang fasilitasnya minim karena kontrakan yang dahulu ia tempati harga sewanya naik. Ada berbagai macam kisah yang intinya seseorang pindah ke tempat yang lebih buruk. Asal ada iman dan jihad, insyaalloh perpindahan mereka adalah perpindahan yang baik.

Kita memahami perintah jihad qital yang mengharuskan kita meninggalkan rumah dan keluarga menuju medan perang yang berbahaya. Pulang dengan sehat dan selamat tidak ada yang bisa memastikan. Konyol, bodoh, mungkin itu pendapat mereka yang belum mengalami manisnya iman. Begitu berat dan terpaksanya kita, jika kita tetap menjalaninya, insyaalloh manis. Inilah jihad yang benar-benar totalitas melibatkan iman dan hijrah.

Bila boleh merumuskan, perpindahan/ hijrah yang baik harus mencakup beberapa unsur:
1.       Niat yang lurus
Dalam bab niat, jelas sekali kisah yang menjadi sebab keluarnya hadits dari Umar bin Khotob perihal niat adalah kisah tentang hijrah.
Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Al-Khathab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”. [Diriwayatkan oleh dua orang ahli hadits yaitu Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari (orang Bukhara) dan Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaburi di dalam kedua kitabnya yang paling shahih di antara semua kitab hadits. Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907]
2.       Didasari musyawaroh dan istikhoroh
Musyawarah menjadi salah satu ikhtiar manusia untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk dengan mendiskusikan suatu permasalahan pada keluarga, saudara, ahli, ulama, dan sebagainya. Istikhoroh merupakan langkah penyerahan diri pada Alloh untuk minta dipilihkan yang terbaik. Hanya Alloh yang mengetahui kebaikan dan keburukan sejati, istikhoroh sangat penting dalam setiap pengambilan keputusan termasuk hijrah.
3.       Hijrah yang total (iman, hijrah, jihad)
Hijrah harus dilandasi iman dan disertai jihad. Kemanapun tujuan hijrah kita, iman dan jihad harus kita bawa.

Allohu a’lam.

Solusi atas Masalah Perekonomian Kita (adalah Syariah)

Setidaknya ada lima atau enam hal yang bisa menjadi solusi atas kacau balaunya perekonomian Indonesia. Lima hal ini diungkapkan Zaim Saidi dalam bukunya "Tidak Syarinya Bank Syariah di Indonesia".

Mungkin sulit bahkan mustahil menerapkan solusi-solusi "Syariah" di negeri yang secara lahir menerapkan ekonomi Pancasila namun pada hakikatnya mencampur aduk anatara liberal, kapital, demokrasi, otoritarian, dan anarki. Perlu keyakinan semua elemen bahwa Syariah merupakan sistem terbaik untuk semua negeri. Insyaalloh Syariah akan dengan mudah bisa diterapkan.

Dalam bahasa saya solusi atas masalah perekonomian kita di antaranya:
  1. Alat tuar/ mata uang yang kuat, stabil, dan adil
  2. Pasar terbuka yang bebas, mudah diakses dan transparan
  3. Pedagang-pedagang yang dinamis
  4. Paguyuban-paguyuban produsen yang jujur dan sinergi
  5. Kontrak-kontrak bisnis yang berkeadilan dan saling memuliakan
  6. Pemerataan kesejahteraan yang tepat sasaran
Istilah-istilah singkat dari enam solusi masalah perekonomian tersebut adalah:
  1. Dinar/ Dirham
  2. Suq
  3. Kafilah
  4. Syirkah
  5. Akad
  6. Zakat
Dengan terlanjur beceknya sistem perekonomian kita, semoga kita masih bisa mandi dengan air bersih, tidak mandi lumpur.

Allohu a'lam.

Serigala Berbulu Domba

Seorang penulis buku pernah mengatakan bahwa Bank Syari'ah itu lebih jahat daripada Bank Konvensional. Ia menyebutnya sebagai serigala berbulu domba. Serigala yang lebih jahat dari serigala biasa adalah serigala berbulu domba. Begitulah perumpamaan Bank Syariah.
 Apa yang menjadikan Bank Syariah sama saja atau bahkan sama jahatnya dibandingkan Bank Konvensional? Sebaiknya Anda membaca buku berjudul "Tidak Syar'inya Bank Syariah di Indonesia" yang ditulis oleh Zaim Saidi terbitan DeLokomotif. Buku ini memaparkan permasalahan-permasalahan di dalam Bank Syariah yang akhirnya menyimpulkan bahwa selama ini kita telah dikadali oleh para Bankir tidak terkecuali para Bankir Syariah.

Pasrah Bongkokan


Judul di atas bisa bermakna totalitas menyerahkan semua urusan kita. Kepada siapa? Kepada sesiapa yang kita pasrahi. “Pokoknya saya sudah pasrah bongkokan.”
Bongkokan berarti terikat, layaknya beberapa batang ranting yang diikat jadi satu dengan kuat dan sangat sulit dilepaskan. Istilah dalam bahasa umum: “terima jadi”.

Pernahkah Anda merasa begitu percaya pada seseorang sehingga menaruh semua urusan pada orang tersebut? Misalnya dalam membangun rumah Anda menyerahkan dari desain hingga finishing, bahkan anggaran biayanya pada pemborong. Yang penting Anda punya rumah.

Dalam dunia pendidikan kita banyak melihat kecenderungan fenomena ini. Wali siswa sudah pasrah bongkokan kepada para pengajar di sekolah perihal pendidikan anaknya. Seakan-akan mereka sudah kewalahan menghadapi anak sendiri. “Apapun yang diberikan oleh sekolah insyaalloh baik untuk anak saya, “ anggap mereka.

Mungkin sebuah sekolah memang bagus, berhasil mendidik anak-anak sehingga berprestasi, juara sana-sini, hafal ayat-ayat dalam kitab suci dan sebagainya. Tapi apakah itu artinya kita menyandarkan semua urusan terkait pendidikan anak kita pada sekolah itu? Rasanya tidak seperti itu semestinya.

Bagaimanapun juga, kewajiban mendidik anak merupakan kewajiban orang tua. Orang tua lah yang akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak. Adapun para pendidik di sekolah insyaalloh mendapat pahala tersendiri di sisi Alloh.

Akan aneh ketika seorang ayah sibuk mengurusi bisnis bersama sang istri sedangkan anaknya “dititipkan” di sekolah elit dari pagi hingga petang. Aneh karena kedua orang tua tidak melakukan apa-apa tapi anaknya begitu sholih berkat pendidikan di sekolah. Tentu kita akan bertanya, sebenarnya anak itu anak siapa?

Aneh juga ketika anak lima tahun dikirim ke pesantren untuk menghafalkan Al-Qur’an, orang tua berharap hanya dari tumpukan Rupiah yang mereka infakkan di pesantren itu akan membuahkan seorang anak penghafal Al-Qur’an. Sungguh ironi tak terperi jika sampai para orang tua saling membanggakan jumlah hafalan anak-anak mereka padahal mereka tak melakukan muroja’ah bahkan satu ayat saja. Anak-anak sholih itu atas jerih payah siapa?

Baguslah jika kita mampu menyekolahkan anak kita di sekolah terbaik. Pastinya kita ingin anak kita jadi anak-anak yang baik dan berprestasi. Sepatutnya orang tua dan sekolah berkolaborasi. Sudah seharusnya orang tua dan sekolah berkongsi menjadi satu tim.

Tidak selayaknya orang tua menyerahkan begitu saja urusan pendidikan anak-anak mereka kepada sekolah. Semoga kita tidak menjadi bagian dari orang tua yang karena kekurangpahaman mereka, kemerasabodohan mereka, kemerasamiskinan mereka akhirnya membiarkan anak-anak dididik oleh sekolah tanpa visi. “Yang penting anakku sekolah setinggi-tingginya supaya mudah dapat kerja.”

“Kenapa Anda ingin menyekolahkan anak Anda di sini?” seharusnya pertanyaan ini selalu muncul dari seorang kepala sekolah saat hendak menerima siswa baru. Dari situlah akan muncul kesepakatan-kesepakatan antara orang tua dengan sekolah sehingga orang tua tidak hanya pasrah bongkokan atas pendidikan anak-anak mereka.

Kesimpulan kita dari tulisan ini adalah jangan pernah pasrah bongkokan kepada siapapun kecuali hanya pada Alloh subhanahu wa ta’ala. Allohu a’lam.

Saya Memang Teroris

Jika teroris itu muslim berjenggot, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim berkoko, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim berpeci, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim bercelana cingkrang, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim berjidat bonyok, saya memang teroris

Jika teroris itu muslim yang gemar ke pengajian, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang kemana-mana bawa alquran, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang sering mengisi pengajian, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang suka ke masjid, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang benci orang pacaran, saya memang teroris

Jika teroris itu muslim yang mengajak anak muda belajar islam, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang mengajak umat memurnikan akidah, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang mengajak masyarakat meluruskan ibadah, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang mengajak tetangga menghapus bid'ah, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang mengajak saudara menghidupkan sunnah, saya memang teroris

Jika teroris itu muslim yang membenci kemungkaran, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang membenci kemusyrikan, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang membenci kemaksiatan, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang membenci kedzoliman, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang membenci kebodohan, saya memang teroris

Jika teroris itu muslim yang anti thoghut, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang anti perdukunan, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang anti penguasa kufur, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang anti pemerintahan selain islam, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang anti hukum selain islam, saya memang teroris

Jika teroris itu muslim yang senantiasa bersiap jihad fi sabilillah, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang senantiasa menempa fisik, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang senantiasa mengasah keterampilan perang, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang senantiasa belajar siasat perang, saya memang teroris
Jika teroris itu muslim yang senantiasa bermusuhan dengan syetan dan orang kafir, saya memang teroris

Silakan tangkap saya!


Yogyakarta, 14 Mei 2013


Abu Kholid Akhid Nur Setiawan bin Jamal As-Sulaimani
http://pejuangperadaban.blogspot.com
0819 044 033 66 / 0813 2888 4226
Sapen RT 03 RW 21 Umbulmartani Ngemplak Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 55584

Faktor Penghambat Anak Belajar (Al-Quran)

Siang itu kami berbincang di kantor seperti biasanya. Kami rapat diselingi kisah keseharian kami masing-masing. Topik yang kami bicarakan adalah kondisi anak-anak di Taman Pendidikan Al-Qur'an saat ini. Berbagai macam anak dengan karakteristik dan keunikan membutuhkan kesabaran yang luar biasa dari para asatidz.

"Tempat saya itu ada anak yang beda dengan anak-anak lain. Teman-temannya itu lumayan bisa mengikuti hafalan surat-surat pendek. Anak itu bahkan Al-Fatihah pun gak apal-apal. Saya heran dengan anak itu. Saya penasaran hingga saya melakukan penyelidikan," cerita ustadz Endri.

"Setelah saya amati lingkungan di rumah anak itu, masyaalloh. Barangkali ini yang membuat anak itu susah ngapalin Qur'an. Lha gimana mau hafal Qur'an, gimana pelajaran mau masuk, kalau tiap hari pagi siang sore di rumah selalu disetelin jathilan dan ndangndut," kira-kira seperti itu ungkap ustadz Endri.

Di kesempatan lain seorang guru SD bercerita pada saya mengenai anak didiknya.
"Rata-rata siswa di tempat saya bisa mengikuti pelajaran, hanya dua anak yang parah gak ketulungan. Anak itu sukanya njathil, kebetulan dekat sekolahan ada paguyuban kesenian jathilan. Dua anak itu benar-benar susah menerima pelajaran dibanding anak-anak pada umumnya," tutur mas Woko.

Bukan mengkambinghitamkan jathilan dan dangdut, kedua kisah di atas hanya menjadi semacam sampel. Mungkin kita tahu efek musik klasik pada perkembangan kecerdasan otak seorang anak. Mungkin kita tahu efek dzikir, doa dan bacaan Al-Qur'an pada anak semenjak dalam kandungan. Mungkin kita pernah membaca efek kata-kata baik dan buruk pada senyawa air. Kira-kira kita akan menyimpulkan apa?

Baiklah jika kita menganggap bahwa jathilan dan dangdut itu merupakan sebuah seni. Baiklah keduanya budaya Indonesia. Budaya merupakan hasil cipta rasa karsa manusia. Budaya haruslah berupa kebaikan, dalam bahawa Arab budaya sering disebut sebagai 'urf. 'Urf merupakan kebiasaan, keumuman, atau yang luas diketahui orang.

Antara 'urf dan ma'ruf itu harus beriringan. Dalam sebuah ayat Alloh menyuruh kita memerintahkan yang ma'ruf, di ayat lain Alloh menyuruh kita memerintahkan yang 'urf. Kebaikan itu harus dibudayakan. Kebaikan harus dikenal sebagai kebaikan oleh banyak orang. Kita menyebutnya sebagai syiar. Jathilan dan dangdut yang destruktif, apakah bisa disebut budaya?

Kembali pada pembahasan faktor yang menghambat anak menghafal Al-Qur'an. Jika demikian, mari kita simpulkan bahwa asupan lingkungan yang baik insyaalloh akan menjadikan perkembangan anak baik. Sebaliknya, asupan lingkungan yang tidak baik, dalam hal ini lagu/ musik yang urakan, sepertinya memang mengakibatkan perkembangan anak cenderung terganggu atau bahkan terhambat.

Dalam surat Luqman ayat enam (6) Alloh berfirman yang artinya, "Dan di antara manusia ada orang yang menggunakan percakapan kosong untuk menyesatkan manusia dari jalan Alloh tanpa ilmu dan menjadikannya olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan."

Dahulu orang kafir Quraisy menyewa para penyanyi atau penyair perempuan untuk menarik perhatian orang-orang agar mereka tidak mendengarkan Al-Qur'an. Dalam ayat berikutnya Alloh berfirman yang artinya, "Dan apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Kami, dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbatan di kedua telinganya. Maka gembirakanlah dia dengan azab yang menghinakan."

Jika terlalu banyak suara negatif dikonsumsi anak, bukan tidak mungkin anak akan terhambat perkembangan dan proses belajarnya. Bahkan Alloh mengancam orang yang menggunakan perkataaan kosong untuk memalingkan diri dari ayat Alloh. Alloh mengancam mereka dengan azab yang menghinakan.

Semakin dinasihati, semakin bagai tersumbat telinga mereka. Na'udzubillahi min dzalik. Semoga putra-putri kita tidak termasuk yang demikian. Jika putra-putri kita mulai susah menerima pelajaran, susah diberi pemahaman dan nasihat, barangkali bisa dilacak apakah ada suaa negatif atau sia-sia yang memalingkannya dari ayat-ayat Alloh.

Atas studi kasus di awal tulisan ini, bolehlah kita simpulkan pula bahwa lagu/ musik urakan akan menghambat anak dalam menghafal Al-Qur'an. Allohu a'lam.

Fastabiqul Khoirot dengan PKS

"Tak usah benci, sakit hati, atau anti pada PKS.
Lakukan saja yang lebih baik
dari apa yang  dilakukan oleh kader-kader PKS."

Sepertinya tak bisa diingkari bahwa kader-kader PKS memang telah menjadi agen of change di lingkungan mereka masing-masing. Mereka terbiasa mengadakan acara di tengah masyarakat, entah itu pengajian, pelatihan, outbond, kemah, dan sebagainya. Inisiatif-inisiatif kreatif seringkali dimunculkan oleh kader-kader PKS dalam rangka upaya syiar Islam.

Jika ada kader PKS di kampung Anda, tanyalah. Tanyakan pada kader itu, atau lihat kegiatan kader itu, pastikan bahwa ia seorang aktivis. Seseorang tidak akan berani mengaku kader PKS kalau ia tidak aktif di sana-sini berlelah-lelah dalam dakwah. Jika Anda menemui seorang (yang mengaku) kader PKS namun tidak rajin ke masjid, tidak berani adzan, tidak sibuk keluar malam untuk rapat atau ngaji, mintalah ia menemui guru/ ustadznya. Minta ia menyampaikan pada ustadznya bahwa ia tidak diakui sebagai kader PKS oleh masyarakat. Pastikan ia menemui ustadznya, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Jenuh! Ya, kejenuhan mungkin dialami oleh ormas-ormas Islam yang telah puluhan tahun bahkan abad menjadi penyebar agama di Nusantara. Pola pembinaan dan regenerasi kader yang kurang masif menjadi permasalahan yang jamak. Organisasi masa telah berhasil memunculkan tokoh-tokoh agama, bahkan di antara mereka menjadi tokoh nasional. Ketokohan berbuah manis ketika para tokoh telah berusia senja dan dirasa bijak oleh sebagian besar umat namun bagaimana dengan kalangan mudanya?

Ada yang beda dari PKS dibanding ormas islam lain. PKS merupakan sebuah partai, bukan organisasi massa namun keberadaannya menjadi "ormas" tersendiri di masyarakat. Anda NU atau Muhammadiyah? Atau PERSIS, Salafi, Jama'ah Tabligh? Bukan semuanya? Berarti Anda PKS? PKS itu gini ya, gitu ya. Orang-orangnya suka ngomongin politik ya? Namanya juga partai Om. PKS seringkali nampak berbeda, sepertinya semua ormas akan merasakan itu.

PKS mungkin tidak mencetak tokoh-tokoh kelas nasional. PKS membangun kepribadian kadernya agar menjadi orang yang memiliki kebermanfaatan di lingkungan. Tokoh-tokoh nasional PKS bahkan cenderung bukan orang-orang terkenal, baru setelah menjadi pimpinan PKS akhirnya mereka jadi terkenal.

Yang menjadi salah satu ciri khas PKS yaitu kader-kadernya masih berusia belia. Lebih banyak kaum muda memilih menempa diri sebagai kader PKS dibanding sebagai kader partai lain. Dakwah di kalangan anak muda menjadi salah satu agenda besar PKS. Alasan paling mudah dicerna kenapa PKS melirik anak muda adalah karena usia produktif anak muda relatif jauh lebih panjang. Orientasi PKS adalah amal dan karya, bukan semata-mata meraup suara.

PKS tidak nampak seperti partai-partai lain yang "menggandeng" para tokoh terkenal untuk mendongkrak perolehan suara. Partai lain cenderung melakukan tawar-menawar dalam perekrutan kader. Dalam salah satu berita di televisi disampaikan betapa ironi demokrasi yang terbangun di Indonesia. Partai-partai telah mengajukan "mahar" kepada orang yang ingin menjadi kepala daerah. Mereka mengistilahkannya dengan Paket Nekat, Paket Hemat, Paket Jadi. Sejumlah tarif dipasang mulai dari angka tidak logis (nekat) hingga angka yang fantastis. PKS tidak seperti itu, PKS menumbuhkembangkan kader, tidak merekrut begitu saja.

Dalam kiprah perpolitikan Indonesia, PKS menunjukkan tren yang relatif naik dibanding partai lain. Ketika 1999 masih bernama PK, lalu 2002 bergabung melebur menjadi PKS, lalu 2004 perolehan suaranya meningkat, bahkan pada 2009 perolehan suara PKS sangat stabil. Tahun 2009 adalah tahun dimana partai-partai selain Partai Demokrat perolehan suaranya meluncur drastis, kecuali PKS. Apa sebenarnya strategi yang dilakukan PKS?

Strategi pemenangan PKS bukanlah strategi lima tahunan. PKS tidak haus kuasa, tapi harus berkuasa. PKS senantiasa menjaga kontinuitasnya sebagai partai dakwah. Ketiadaan Pemilu,maupun Pemilukada tidak menjadikan PKS berhenti atau vakum dalam berkarya. Inilah partai kader yang benar-benar serius ingin mencerahkan umat masyarakat. PKS-lah partai yang memiliki narasi panjang dalam cita-citanya.

Dalam perjalanannya dan memang begitulah sunnatulloh, PKS tak lepas dari bertubi-tubi ujian. Beraneka ragam fitnah dan celaan menimpa kader-kader PKS. Kasus kader yang ditangkap di panti pijat, mengunduh video porno, menggelembungkan anggaran, membuat nota fiktif, hingga yang paling fenomenal kasus presiden PKS yang ditangkap karena diduga menerima dana suap terkait kebijakan impor sapi, semua itu tidak menghentikan langkah kader-kader PKS untuk terus menumbuhkan keshalihan pribadi dan keshalihan sosial.

Kekonsistenan PKS dalam berdakwah mulai diperhitungkan oleh ormas-ormas Islam. Benturan-benturan mulai muncul, kekurangnyamanan mulai muncul. Bukan tidak mungkin telah ditanamkan pada kader ormas lain: PKS berbahaya! Mulai dari kader muda ormas lain yang menyeberang ke PKS hingga isu perebutan masjid ormas lain oleh kader PKS, tentunya hal-hal semacam itu menjadikan dakwah tak nampak cantik.

PKS diisukan teroris, Wahabi, anti tahlilan, anti maulid nabi, suka menggerogoti kader ormas, dan sebagainya. PKS tetap easy going. Kesalahpahaman-kesalahpahaman sudah ditabayyun oleh pimpinan PKS. Klarifikasi sudah dilayangkan melalui media massa. PKS maju terus, omongan-omongan miring tak dihiraukan, dakwah tetap dilanjutkan.

Tidak semestinya sesama organisasi dakwah saling menjatuhkan karena dakwah perlu berjama'ah. Ya, kekurangmengertian dan kekurangpahaman membuat antar ormas Islam kurang bisa tolong-monolong dalam dakwah dan kebaikan. Kaum Muhajirin dan Anshor sama-sama punya keunggulan, mereka sama-sama punya pemuka. Mereka sama-sama ingin memegang bendera dan panji Islam dalam perang, bahkan sama-sama ingin memimpin menggantikan Rosululloh usai beliau meninggal. Keduanya merasa saling lebih pantas menjadi pemimpin sepeninggal Rosululloh.

Muhajirin dan Anshor bersaudara, ukhuwah menjadi penyatunya. Persaudaraan atas dasar iman dan pertolongan Alloh menjadikan mereka bersatu dan tolong-menolong. Organisasi masa Islam sepatutnya dan sudah sepantasnya meniru mereka. Kenali, pahami, lalu tolong-menolong, lalu saling menanggung, lalu saling mendahulukan, rukun ukhuwah inilah yang akan menjaga kita agar tidak saling cela.

Lain ormas lain golongan, ada segolongan orang yang begitu anti pada PKS. Saking antinya mereka pada PKS, mereka punya slogan: "Yang Penting Bukan PKS". Latar belakangnya sulit dimengerti, terkadang karena PKS memproklamasikan diri sebagai partai BERSIH. Sok suci, padahal munafik, mungkin demikian ungkap mereka. PEDULI, padahal cuma cari muka! Entahlah, nampak betul kebencian mereka pada upaya-upaya perbaikan yang dilakukan oleh PKS. Padahal, jika kita merunut sejarah inisiator partai turun tangan membantu korban bencana, sepertinya PKS yang memang pertama-tama menjadikan RELAWAN sebagai syiar kebaikan. Alhamdulillah, akhirnya banyak partai lain kini juga Peduli.

Akhir kata, marilah kita berkumpul, berorganisasi, berpendapat, namun santunlah. Mari kita bangun bangsa ini bersama-sama. Jika memang ingin kebaikan dan perbaikan, tak usah menghujat menjelekkan orang lain. Mari kita lakukan apa yang bisa kita lakukan. Kalau ternyata (kader) PKS memang berhasil menghadirkan perubahan-perubahan di tengah masyarakat, kita harus bisa juga melebihi apa yang dilakukan oleh mereka. Kita mengenal istilah fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan. Mari kita beramal, mari saling mengungguli dalam kebaikan. Sesungguhnya sesama muslim itu bersaudara. Allohu akbar!

Catatan: tulisan ini hanya opini pribadi, bukan suara atas nama PKS atau suara ormas, atau suara golongan tertentu

Presiden Soeharto Masih Hidup?

Apakah benar Bapak Pembangunan sebenarnya belum mangkat? Sang Presiden fenomenal yang memimpin Indonesia lebih dari tiga puluh tahun itu masih hidup? Kematiannya menyisakan sebuah kesedihan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Jika Anda ingin tahu bagaimana beliau meninggal dunia, saya tidak akan menceritakannya karena dulu saya juga hanya mendapat info dari berita di televisi. Kurang lebih info tersebut sama dengan apa yang dahulu Anda saksikan.

Setidaknya sudah saya temukan dua judul buku terkait bapak Soeharto. Dua buku tersebut kurang lebih membahas bagaimana seorang Presiden Soeharto yang dulu dipuja kemudian dicerca namun kini dirindu. Kejenuhan masyarakat pada pemerintah saat ini telah menghadirkan perasaan kangen mendalam terhadap pak Harto.

Jika kita mengamati truk, angkot, bis, atau kendaraan-kendaraan lain semestinya kita pernah melihat foto Sang Bapak Pembangunan dengan senyum manisnya sedang melambaikan tangan ada di sana. Banyak kita temui (dalam bentuk gambar) di jalan-jalan beliau melempar seulas senyum sambil berkata “Pie kabare le? Isih penak jamanku to?”. Seakan-akan beliau memang masih hidup.

Beliau menanyakan kabar kita, bagaimana negeri kita sekarang, bagaimana harga-harga bahan pokok, bagaimana harga BBM, bagaimana kondisi politik, bagaimana kondisi ekonomi, bagaimana keamanan negara. Setelah kita menjawabnya, beliau mengajak kita menganalisis: bagaimana jika dibandingkan dengan kondisi semasa kepemimpinan beliau? Ironi! Mungkin kita akan sambil nggonduk menjawab, “Inggih Bopo, taksih langkung sekeco jaman panjenengan rumiyin”.

Cobalah sekali waktu menanyakan pada orang-orang tua, pada simbah-simbah kita, bagaimana kondisi kita sekarang jika dibandingkan dengan jaman pak Harto. Sepertinya akan muncul jawaban serupa, masih enak jaman pak Harto. Hanya orang-orang idealis yang suka menegakkan benang basah mungkin akan menjawab, jaman sekarang sudah lebih baik, sudah lebih bebas dan demokratis, lebih ini lebih itu yang sebenarnya sekedar mencari-cari pembenaran atas “kudeta” rezim Soeharto.

Kapan Kita Merdeka?

Mari kita tengok sejarah (saya hanya membaca dari buku , jika ada kejadian atau penanggalan yang salah  saya mohon maaf kepada pembaca dan mohon ampun pada Alloh, semoga esensi dari tulisan ini tetap bisa tertangkap oleh para pembaca). Dari perjalanan panjang kemerdekaan bangsa Indonesia kita akan memperoleh sebuah pola. Pola yang sebenarnya sangat menyakiti hati kita telah kita amini dengan ridho. Pola penjajahan pasca-Inggris-Belanda-Jepang ternyata lebih kejam dari penjajahan ketiganya. Pola itu bisa kita sebut penjajahan tingkat dunia.

Kita ringkas beberapa peristiwa sejarah bangsa kita. Mulai dari Perang Diponegoro tahun 1928 hingga (katanya) puncak demokrasi Indonesia yaitu saat ini akan kita rangkum. Usai Perang Diponegoro yang berlangsung sekitar dua tahun Belanda mengalami banyak kerugian. Belanda merampas harta benda (termasuk uang Gulden) milik orang pribumi dan memaksa orang pribumi mengakui uang kertas sebagai alat tukar.

Selanjutnya ketika Jepang berhasil merebut Indonesia dari Belanda, Jepang mengganti uang kertas Belanda dengan uang Jepang. Usai Jepang tunduk kepada Sekutu atas luluh lantaknya Hiroshima dan Nagasaki, Indonesia merdeka. Diangkatlah Soekarno – Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia secara aklamasi.

Sisi menarik dalam pidato proklamasi Soekarno – Hatta yaitu ketika pak Karno membacakan teks proklamasi. Emha Ainun Najib (Cak Nun) dalam Mocopat Syafa’at-nya bersama Kiyai Kanjeng dan jama’ah Ma’iyah pernah menyampaikan pertanyaan menggelitik. Kita kenal pak Karno adalah seorang orator yang selalu berapi-api dalam pidatonya. Kenapa pak Karno tidak berapi-api ketika membacakan teks proklamasi? Padahal itu momen sangat penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Kenapa pak Karno membaca teks proklamasi dengan nada datar dan terkesan sangat biasa?

Suatu saat ada salah satu pembicara dalam Mocopat Syafa’at mengajak Cak Nun memerdekakan bangsa Indonesia. Kita sudah lebih dari 60 tahun merdeka, kenapa ingin memerdekakan Indonesia? Karena dalam pembukaan UUD RI 1945 dinyatakan, "Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur". Artinya kita belum merdeka, kita baru sampai depan pintu gerbang kemerdekaan. Kita belum membuka pintu gerbang kemerdekaan itu tapi kita merasa sudah merdeka.

Bagaikan membeli sebuah rumah. Kita sudah memperoleh sertifikat dan kunci tapi kita merasa puas hanya dengan berada di depan pintu gerbangnya, sedangkan rumah itu masih dibiarkan dikuasai orang lain, bahkan disewa-sewakan. Sungguh ironi, melihat kondisi bangsa kita saat ini, kita mungkin akan bertanya-tanya, “Kita tinggal di negeri siapa?”

Indonesia merdeka sejak hari Jumat 17 Agustus 1945. Kita belum merdeka, Belanda belum mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia. Diadakanlah Konferensi Meja Bundar di Den Haag tahun 1948 sebagai perundingan pihak Indonesia dengan Belanda. Salah satu poin kesepakatan dalam KMB adalah Belanda akan mengakui kemerdekaan Indonesia dengan syarat bahwa Indonesia mau membayarkan utang Hindia Belanda sejumlah 4 milyar Dolar AS. Syarat berikutnya adalah BNI berhenti mencetak uang kertas, uang akan dicetak oleh De Javasche Bank. Persyaratan tersebut diiyakan oleh Soekarno.

Setahun kemudian ternyata Soekarno tidak juga mau memenuhi syarat yang diajukan  Belanda. Akhirnya Belanda melancarkan serangan agresi militer pada tahun 1949. Indonesia tetap kokoh meski guncangan mendera. Soekarno sangat keras terhadap penjajah. Soekarno sangat menjaga nasionalisme dan harga diri bangsa. Mungkin kita ingat kata-kata “Go to Hell America” dan “Ganjang Malaisia”.

BNI 46 (Bank Nasional Indonesia) yang telah didirikan Soekarno pada tahun 1946 menjadi bank pencetak uang Rupiah (Oeang Repoeblik Indonesia). Dahulu Rp 10 setara dengan 5 gram emas. Maksudnya, setiap satu Rupiah ditopang oleh setengah gram emas. Sewaktu-waktu semestinya kita bisa mengambil emas tersebut. Pada tahun 1953 otoritas BNI 46 dalam mencetak uang rupiah diambil alih oleh Bank Sentral (Bank Indonesia) yang sebenarnya adalah bank swasta yaitu De Javasche Bank. De Javasche Bank dahulu didirikan pemerintah Hindia Belanda. Bank inilah yang membeli hasil bumi rakyat Indonesia pada masa penjajahan.

Pak Karno melancarkan politik mercusuar sehingga dunia tahu keberadaan Indonesia. Pak Karno menasionalisasi aset Indonesia yang dahulu dikuasai penjajah. Pak Karno menjauh dari IMF dan Bank Dunia. Pak Karno pun keluar dari PBB. Itulah yang sebenarnya memicu munculnya skenario G 30 S PKI dan SUPERSEMAR. Allohu a’lam. Keganasan Soekarno menjadikan para “penjajah” merasa khawatir.

Kisah Pembangunan Indonesia

Pada 11 Maret 1966 Soekarno digantikan oleh Soeharto. Orde Lama diganti Orde Baru. Soeharto membawa angin segar bagi para “penjajah”. Soeharto kembali masuk PBB dan berhutang pada IMF. Dibentuk pula IGGI (Intern Goverment  Group of Indonesia) yang nantinya akan berkembang menjadi CGI (Consultative Group of Indonesia). Para konsultan pembangunan menggiring pemerintahan Soeharto pada jurang hutang tak bertepi. Mulai dari pembangunan jangka panjang, pembangunan jangka menengah dan pembangunan jangka pendek, semua berbasis hutang.

Laju pembangunan Indonesia tak terbendung. Dua puluh tahun dipimpin pak Harto Indonesia maju pesat. Swasembada pangan, Klompencapir, PKK, Dasawisma, P4, KB, serta berbagai istilah populer menjadi indikator keberhasilan pak Harto membangun bangsa Indonesia. Julukan Bapak Pembangunan dinisbatkan padanya. PKS (Partai Keadilan Sejahtera) pernah menyebutnya sebagai guru bangsa atau malah pahlawan dalam video kampanye Pemilu 2009 sehingga menjadi perbincangan kontroversif kala itu.

Dalam tahun-tahun pembangunan ada beberapa kali devaluasi dan senering mata uang Rupiah. Kebijakan-kebijakan tersebut mengakibatkan semakin tidak berharganya Rupiah. Kita bisa mengistilahkan kebijakan tersebut sebagai perampasan harta rakyat secara halus. Sebentar lagi kita akan merasakan kembali perampasan harta kita dengan judul “redenominasi” yang dilogikakan oleh para “perampok” dengan “sekedar penyederhanaan rupiah dengan menghilangkan angka nol, tidak mengubah nilai”.

Tahun 1971 secara tak kasat mata sistem cadangan emas pada rupiah sama sekali dihapuskan. Hasilnya rupiah dicetak tanpa topangan emas sama sekali. Jadi pemerintah (dalam hal ini sebenarnya swasta berjuluk Bank Indonesia) bebas mencetak sebanyak mungkin uang tanpa memperhitungkan cadangan emas. Dalam istilah mudah, uang kertas yang tadinya merupakan surat janji hutang berubah menjadi surat janji palsu.

Bersemi sebuah bibit bencana besar ketika tahun 1988 Indonesia mengubah peraturan perbankan yang tadinya hanya membolehkan bank asing membuka cabang di ibu kota menjadi boleh membuka cabang di mana saja. Bank asing bertebaran di seluruh penjuru Indonesia. Utang Indonesia terus menggunung, bahkan hingga masa akhir pemerintahan Soeharto akhirnya mencapai lebih dari 50 milyar Dolar AS. Begitu pula rakyat Indonesia sudah semakin familiar dengan pola hidup kredit.

Kita ingat salah satu film Warkop DKI (Warung Kopi Dono Kasino Indro) sekitar tahun 80an atau awal 90an berjudul “Setan Kredit”. Film tersebut mengangkat fenomena kredit yang menjamur di masyarakat, mau beli apa saja bisa dikredit, sampai-sampai ada setan kredit. Semasa saya kecil tukang kredit biasa disebut Mendring. Tukang Mendring biasa mengkreditkan barang-barang rumah tangga seperti panci, soblok, rantang, dan sebagainya kepada ibu-ibu rumah tangga.

Hingar bingar kesejahteraan koin pemerintahan Soeharto menampakkan sisi represif dan otoriter di sebaliknya. Hal tersebut memunculkan gerakan-gerakan bawah tanah yang berusaha menyuarakan kebenaran. Gerakan-gerakan tersebut kelak akan menjadi kekuatan yang akhirnya menumbangkan rezim Soeharto. Sebagian kaum terpelajar merasa tertipu dengan wajah manis pak Harto. Bagaikan bom waktu, ketertipuan itu mengumpulkan energi besar yang siap meledak.

Sepuluh tahun setelah liberalisasi perbankan, meledaklah krisis moneter. Perbankan kalang kabut. Nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS anjlog. Mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat ambil bagian dalam sebuah “kudeta demokratis”. Pak Harto lengser keprabon. Wakilnya ketika itu BJ Habibie menjadi pengganti pak Harto secara konstitusional. BJ Habibie merupakan putra terbaik bangsa yang selama ini menjadi salah satu rujukan pak Harto meminta pendapat.

Apakah Akhirnya Kita Merdeka?

Semenjak BJ Habibie menggantikan Soeharto mulailah suatu orde pemerintahan bernama Reformasi. Orde reformasi masih kita nikmati sampai saat ini. Konon di masa reformasi inilah demokrasi Indonesia mencapai puncaknya. Semua serba bebas berpendapat, hak-hak pribadi dilindungi, tak lagi ada represi, tak lagi ada kemencekaman. Seluruh rakyat Indonesia terutama para aktivis merasa memperoleh kemerdekaan sejati.

Reformasi memberikan jalan bagi seluruh rakyat untuk memimpin. Para politisi dan pengincar jabatan bagai ayam lepas dari kurungan. Partai-partai bermunculan. Organisasi-organisasi kemasyarakatan, LSM, gerakan, semua dipersilahkan. Pesta pora demokrasi nan ironi telah terjadi karena justru pada momentum reformasilah para “penjajah” semakin bebas menghisap darah. Tanam paksa model baru disepakati secara sukarela. Para terjajah bahkan merasa dan harus bangga serta malu pada dunia jika tak menyerahkan hasil bumi kepada tuannya.

Perbankan semakin liberal. Bank Indonesia tak lagi milik swasta yang diatasnamakan pemerintah, ia bukan lagi bagian dari menteri, ia kini mandiri. Sejak bergulirnya reformasi, Bank Indonesia tidak lagi berada dalam kabinet pemerintahan Republik Indonesia. Bank Indonesia semakin bebas menentukan kebijakan moneter di negeri kita. Pemimpin dan politisi tak berkutik dengan pengendalian suku bunga oleh “penjajah” itu. Oh, siapakah sebenarnya pemilik negeri ini?

Dalam masa yang singkat BJ Habibie telah berhasil meningkatkan hutang pemerintah Indonesia dari sekitar 50 milyar Dolar AS menjadi di atas 70 milyar Dolar AS. Inikah merdeka? Justru runtuhnya rezim Soeharto sebenarnya bak hilangnya kerikil kecil dari sepatu para penjajah. Dahulu pak Harto masih sering berpaling pada kaum Nasionalis, juga pada pak Habibie sebagai tokoh industri Indonesia. Dua kubu selain kubu penjajah ini terkadang menghalangi para penjajah mempengaruhi kebijakan pak Harto. Mulainya orde reformasi mengubah posisi penjajah dari “mempengaruhi” jadi “menentukan”.

Sebenarnya kapan kita akan merdeka jika utang terus membelit kita? Proyek pembangunan infrastruktur semakin banyak. Proyek demokratisasi (baca: Pemilukada, pemilu) butuh biaya sedemikian banyak. Proyek pemberantasan korupsi perlu komisi. Proyek pemberantasan teroris perlu pasukan berbis-bis. Dananya dari mana? Hutang lagi saja! Siapapun pemimpinnya, kita tetap terjajah, tak ada pola lain selain pemerintahan berbasis hutang. Tak ada kebijakan yang lebih bijak selain berhutang, inna lillahi wa inna ilaihi roji'un!

Al-Kisah, hutang Indonesia sampai pertengahan periode keduanya pak SBY sudah mencapai 160 milyar Dolar AS. Kita hanya akan terus mencicil bunganya, entah kapan pinjaman asli kita lunas. Rakyat akan terus diperas. Sebagian besar pajak digunakan mencicil hutang. Subsidi-subsidi dikurangi, untuk apa? Semoga tidak dikorupsi, tapi sepertinya pasti: untuk mencicil hutang. Bantuan-bantuan kredit usaha rakyat, penguatan modal, hakikatnya apa? Agar rakyat semakin familiar dengan hutang. Agar kita jadi negeri kredit.

Hanya Sakit Hati

Akhirnya kita akan tahu pola penjajahan modern itu seperti apa. Tanpa invasi, tanpa pasukan, tanpa senjata, semua tunduk pada negara adi kuasa. The invisible hand telah mencekik leher-leher kita. Mereka mencekoki kita dengan air garam yang hanya membuat kita semakin haus, terus dan terus. Bagai candu narkoba, negeri kita telah ketagihan hutang. Di pelosok-pelosok negeri terpampang di hampir semua pohon di pinggir jalan: “Butuh dana cepat? Kredit 1 jam cair!”

Runtuhnya banyak kepemimpinan di berbagai negeri disebabkan belenggu hutang, tak terkecuali runtuhnya Daulah Turki Utsmani. Jika kita tak membuka persepsi, tinggal tunggu waktu saja berapa lama akan bertahan negeri ini. Maha Benar Alloh yang telah mengajarkan kita melalui Rosululloh doa agar kita tidak terlilit hutang dan terlindungi dari kesewenang-wenangan manusia.

Semoga tulisan ini mengalihkan saya dan Anda semua dari sekedar sakit hati ke level diskusi, dan semoga segera meningkat menjadi aksi. Minimal mari kita jauhkan diri dari perilaku berhutang, apalagi gali lubang tutup lubang. Na’udzubillah.

Pak Harto, Bapak kami, mengapa Engkau mati dengan meninggalkan hutang sebanyak ini?