Jangan Remehkan Amal Kecil!

"Jangan remehkan amal kecil karena boleh jadi kita justru bisa ikhlas di dalamnya," begitu pesan ustadz Abdulloh Sunono dalam sebuah pengajian di Masjid Mardliyah sekian waktu yang lalu ketika membahas masalah ikhlas dalam beramal. Benarlah, terkadang kita terlalu mengejar amal-amal besar dan meremehkan amal kecil, padahal ketika beramal kecil seringkali kita malah bisa sangat ikhlas.

Jangan remehkan amal kecil karena ada seorang wanita pezina diampuni dosanya karena pernah memberi minum seekor anjing dengan sepatunya. Jangan remehkan dosa kecil karena ada seorang wanita masuk neraka karena memelihara seekor kucing lalu mendzoliminya. Jangan remehkan amal kecil karena sebesar dzarroh pun akan diperhitungkan di akhirat kelak.

Sekedar memungut sampah permen, sekedar mengucap salam kepada sesama muslim yang belum kita kenal, sekedar senyum pada sahabat kita, tak ada yang tersia insya'alloh. Jika kita bisa melakukan amal-amal ringan, kenapa harus menunggu kesempatan untuk beramal besar? Bukankah juga Alloh itu menyukai amalan yang berkelanjutan meskipun sedikit?

Boleh jadi amalan kecil yang pernah kita lakukan adalah amalan paling ikhlas sehingga bisa menyelamatkan kita di hari akhirat kelak. Boleh jadi ia pelindung kita dari siksa kubur. Boleh jadi ia perantara doa kita dikabulkan. Boleh jadi ia penghapus dosa-dosa kita.

Mari perbanyak amal, tidak harus amal-amal besar nan luar biasa. Perbanyaklah amal karena kita tidak tahu mana amal paling ikhlas yang diterima Alloh. Di antara sekian banyak amal, mungkin saja justru amal kecil yang sangat ikhlas yang akan menghantarkan kita masuk surga meraih keridhoan Alloh.

Semoga Alloh meringankan segala langkah kita dalam berupaya mencari ridho-Nya. Alloh lah yang berkenan memberi kita hidayah dan kekuatan melakukan berbagai macam amal, kecil maupun besar. Termasuk keikhlasan, Alloh jua lah yang mengizinkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar