Cinta Rosul

Sejenak sebelum tidur saya bernostalgia mengenang masa lalu ketika masih berusia sekitar SD atau SMP. Seperti judul tulisan ini, saya mengingat-ingat sebuah kaset yang dulu benar-benar menginspirasi saya untuk berlaku layaknya judul kaset itu: "Cinta Rosul". Waktu itu saya senang sekali menemukan sebuah kaset sholawat di toko kaset dekat pasar Pakem. Kaset bersampul hijau gelap disertai sebuah buku syair sholawat berisi kumpulan sholawat yang dilantunkan Hadad Alwi, tak tergambarkan betapa senangnya memutar kaset itu sembari menyimak syairnya. Kaset itu saya putar berulang-ulang tanpa bosan. Nasyid paling berkesan di kaset itu adalah "Al-I'tirof", sangat menyentuh hati saya.

Beberapa saat kemudian muncul album baru yang semakin membuat saya girang, "Cinta Rosul edisi Anak-Anak" dilantunkan Hadad Alwi dan Sulis. Entahlah, sukar sekali menggambarkannya. Ingin rasanya merasai kembali suasana ketika itu. Dulu saya selalu menanti-nanti saat untuk pergi ke toko kaset dan membeli album baru dan seterusnya. Apa daya, hanya dua atau tiga album Cinta Rosul yang dapat saya koleksi. Entah sekarang di mana, saya lupa bagaimana kesukaan saya pada Cinta Rosul memudar, sepertinya tergantikan lagu-lagu pop.

Cinta Rosul menjadi "booming" karena itulah satu-satunya kaset kumpulan sholawat yang enak didengar oleh anak-anak pada saat itu. Hits "Yaa Thoyyibah" dan "Ummi" bahkan iramanya terngiang di mana-mana. Sampai saat ini mungkin Cinta Rosul telah melekat sebagai khas untuk memanggil anak-anak berangkat TPA. Tidak hanya itu, bahkan irama nasyid "Yaa Thoyyibah" digubang para pecinta lagu dangdut menjadi "Bang Toyib" atau lagu Gigi "Pintu Sorga".

Hadad Alwi dan Sulis dengan sederetan album Cinta Rosul telah menginspirasi banyak anak-anak ketika itu, termasuk saya. Anak-anak jadi suka sholawat dan cinta rosul, bahkan nasyidnya diajarkan pada mereka oleh para asatidz di TPA.

Sekarang? Jangankan syair sholawat, telinga anak-anak mungkin telah pekak dengan lagu-lagu dewasa pelemah hati pembunuh iman. Astaghfirulloh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar