Mungkin Memang Sebaiknya Kita Berpisah

Malam itu seakan tiada raut kesedihan sama sekali di wajah kami. Kami saling melebarkan senyum bahkan tawa di malam perpisahan itu. Bukan karena pertemuan kami selama ini kurang berkesan, sungguh, ukhuwah yang terjalin sangatlah indah dan klasik, kami tersenyum karena malam itu akan menjadi awal babak baru dalam hidup kami.


Ustadz Cholid Mahmud ketika itu berkata, "Saya justru senang antum semua sudah tidak akan di sini lagi." 
Kalimatnya lebih panjang dari itu, intinya perpisahan kami, selesainya masa tinggal kami di asrama, kembalinya kami ke wilayah masing-masing, menyebarnya kami ke penjuru-penjuru negeri bukanlah suatu hal yang perlu ditangisi. Kebersamaan memang tak kan ada lagi, rangkaian kenangan akan terhenti, tapi dengan itu Islam akan semakin bersemi di berbagai belahan bumi. Yah, artinya para da'i dengan dakwahnya akan segera melakukan ekspansi.


Diutusnya para sahabat ke berbagai negeri oleh Rosululloh menjadi hujjah kami. Berpisah bukan akhir segalanya karena kami sama-sama berharap untuk menuju surga, bertemu di sana. Surga itu bukan di barat atau di timur tapi di ujung perjalanan suci kita. Kami siap berpencar untuk bersatu.

"Tidak selayaknya orang-orang sholih itu berkumpul hanya di satu tempat. Bangunan itu kokoh bukan dengan satu tiang besar tapi dengan tiang-tiang yang tersebar beraturan," kira-kira begitu kata ustadz Cholid Mahmud yang merupakan lulusan Teknik Sipil UGM.

Berpisah dengan sahabat dakwah seringkali menjadi keharusan. Siapa yang syahid lebih dulu adalah kepastian. Tak perlu sedih menghadapi perpisahan, insya'alloh kita akan bertemu lagi, asal kita istiqomah sampai ujung jalan. Kita akan kembali dipertemukan dalam kesempatan yang lebih indah, jika tidak di dunia, mungkin di surga-Nya.


Lima tahun liqo' 
Belasan anggota datang pergi 
Sekali ganti murobbi 
Akhirnya kini aku yang harus pergi 
Ikhwati, mari saling mendoa, moga istiqomah, ingat aku dalam robithohmu 
Maaf jika aku banyak salah 
Terima kasih atas banyak pelajaran berharga 
Insya'alloh kalo aku nikah nanti, kalian kuundangi :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar